Kanker Tulang

Mamaku penderita kanker tulang. Pada thn 2008 di vonis dokter usianya hanya bertahan 7 bln. Tp krn semangat utk sembuh sgt besar & klg selalu memotivasi. Plus selalu rutin konsumsi obat herbal. Alhamdulillah hingga saat ini mama msh berada di tengah2 kami. Dari apa yg sy pelajari dr mama adalah semangatnya yg luar biasa utk bertahan & melawan penyakitnya. Dan motto hidup mama adalah ingin hidup 1000 thn ( alias panjang umur ) demi melihat anak cucunya sukses. Ayo terus berjuang para penderita kanker!
!! Motivasi adalah obat yg sgt mujarab. (Rosliana Anggraini Hermawan)

Kanker Tulang

Kanker tulang merupakan salah satu jenis kanker yang jarang terjadi. Kanker tulang dapat terjadi pada bagian tulang manapun pada tubuh manusia, namun paling sering terjadi pada tulang panjang, seperti tulang tangan dan kaki. Penyebabnya masih belum jelas, namun faktor genetik dan paparan radiasi memiliki peranan yang cukup penting. Berdasarkan asalnya kanker tulang dibagi menjadi dua, yaitu:

1. Kanker tulang primer:
kanker muncul pertama kali pada tulang, osteosarcoma adalah jenis kanker tulang primer terbanyak. Paling sering terjadi pada anak-anak dan remaja.

2. Kanker tulang sekunder:
merupakan kanker metastasis, artinya sumber kanker utamanya berasal dari organ lain yang menyebar ke tulang, misalnya kanker payudara, paru, atau prostat.

Apa gejalanya?

·         Nyeri pada tulang
·         Bengkak pada daerah yang terkena
·         Patah tulang
·         Lemah
·         Penurunan berat badan
·         Gangguan saat bergerak

Terapi Pengobatan Kanker Tulang Apa saja pilihan terapi untuk kanker tulang?
Terapi kanker tulang tergantung pada jenis kanker, ukuran, lokasi, stadium, usia, dan status kesehatan pasien secara umum. Pilihan terapi untuk kanker tulang yaitu dengan operasi, terapi radiasi, kemoterapi, atau cryosurgery.

Bagaimana mendiagnosis kanker tulang?
Dokter akan melakukan wawancara medis mendetil dan pemeriksaan fisik menyeluruh, selain itu akan dilakukan juga pemeriksaan penunjang seperti bone scan, CT-scan, MRI, X-ray, ataubiopsi. Setelah diagnosis ditegakkan, barulah dokter akan menentukan stadium kanker.

Jenis-jenis kanker tulang?
Terdapat banyak sekali jenis kanker tulang primer, berikut ini adalah 3 jenis kanker tulang primer yang paling banyak ditemukan:

Kondrosarkoma
Kondrosarkoma merupakan kanker sel kartilago dan merupakan kanker tulang primer kedua terbanyak. Paling sering menyerang tulang panggul, tangan, dan kaki. Dapat juga menyerang trakea, laring, bahu, dan tulang iga. Kondrosarkoma paling sering terjadi pada orang dewasa (usia>20 tahun).

Osteosarkoma
Merupakan jenis kanker tulang primer terbanyak. Paling sering ditemukan pada usia 10 – 30 tahun, namun dapat juga ditemukan pada usia 60 – 70 tahun. Osteosarkoma paling sering menyerang tulang di tangan, kaki, dan panggul.

Ewing Sarcoma Family of Tumors (ESFTs)
Ewing sarcoma paling sering ditemukan pada remaja laki-laki. Nama kanker ini diambil dari nama dokter bedah yang pertama menemukannya, yaitu dr. James Ewing. Kanker ini biasanya tidak hanya mengenai tulang tetapi juga jaringan lunak di sekitarnya (otot, lemak, jaringan fibrosa, pembuluh darah).


Klikdokter/suaranetizen.com